Home - Uncategorized - Peradaban Amerika Kuno (Maya, Aztek Serta Inca)

Peradaban Amerika Kuno (Maya, Aztek Serta Inca)

Posted on August 30, 2020 in Uncategorized

Peradaban

Peradaban Amerika Dengan cara geografis, area Amerika dibagi jadi 3 bagian ialah Amerika Utara, Amerika Tengah, serta Amerika Selatan. Ketiganya tersambung oleh satu susunan pegunungan besar yang menjulur dari utara ke selatan. Daratan Amerika sudah mempunyai peradaban saat sebelum datangnya bangsa Barat ke daratan Amerika. Amerika didiami oleh kaum Indian yang diperkirakan berawal dari Asia yang menyebrangi antara Behring. Pada era awal Kristen, di Amerika sudah bertumbuh kultur berumur yang maju saat sebelum kehadiran bangsa Spanyol pada era ke 16 Meter.

Peradaban Bangsa Aztek (1298-1521 M)

A. Posisi Serta Situasi Geografis

Bangsa Aztek ialah bangsa pengembara yang datang di area ngarai Meksiko pada era ke 3. Mereka berikutnya hingga di situ berawa yang terdapat di selatan Texcoco. Pengembaraan bangsa Aztek selesai kala mereka sukses meningkatkan adat-istiadat pertanian dengan mengganti rawa-rawa jadi cerang produktif yang mereka ucap bagaikan cinampa.

B. Situasi Sosial-Politik

Bangsa Aztek diketahui bagaikan bangsa yang senang bertarung. Tujuan bertarung bangsa Aztek merupakan memperoleh narapidana buat dihidangkan bagaikan persembahan persembahan dalam ritual yang mereka yakini. Tidak hanya itu mereka pula membuat kuil-kuil buat tempat penyembahan. Bangsa Aztek mendirikan suatu kuil besar pada tahun 1320 di Tenochtitlan yang dijadikan tempat bersih sekalian pusat rezim.

Kota ini dipecah jadi 4 area serta tiap area ditempati oleh keluarga yang berlainan. Penguasa awal Tenochtitlan ialah seseorang pendeta yang bernama Tenoch yang tewas pada tahun 1370. Bangsa Aztec mempunyai kesatuan angkatan yang mereka namakan Kesatria Elang serta Kesatria Jaguar. Mereka merupakan angkatan yang senantiasa terdapat di garis depan bagus buat melanda atau menjaga diri.

C. Kehidupan Budaya & Sistem Keyakinan Serta Religi

pokerpelangi Dalam keyakinan yang danut oleh bangsa Aztec, mereka yakin kalau mereka hidup pada era mentari kelima, ialah dikala dimana esok era ini hendak selesai. Supaya era akhir ini dapat ditunda, hingga mereka wajib melaksanakan seremoni persembahan buat mengasyikkan batin para dewa. Dewa paling tinggi yang mereka khidmat merupakan dewa mentari yang dikenal Huitzilopochtli. Wujud persembahan yang mereka kira mengasyikkan batin para dewa merupakan persembahan orang berbentuk darah orang serta jantung orang yang sedang hidup. Agama semacam inilah yang mendesak bangsa Aztec senang bertarung.

Ilmu Wawasan Serta Teknologi

Bangsa Aztec sudah memahami sistem catat menulis dengan memakai catatan piktograf yang mendekati dengan graf hieroglif yang diucap n’ ahuatl. Alfabet buat bahasa ini berbentuk lukisan. Catat menulis cuma dicoba oleh pakar serta pemimpin berpendidikan yang mendapatkn penataran pembibitan. Mereka menulis diatas kulit kusen ataupun kulit rusa. Mereka umumnya menulis memakai arang yang diwarnai memakai sayur- mayur serta zat-zat yang lain.

Peradaban Pada aspek pembelajaran, tidak hanya menekan orang berumur buat ceria anak, bangsa Aztek pula mempunyai sekolah biasa yang harus buat anak. Sekolah itu dibedakan bersumber pada status sosial serta kelamin. Anak laki-laki hendak dikirim ke Sekolah Calmecac dimana mereka hendak berlatih asal usul, astronomi, seni, metode menata serta mengetuai. Anak laki-laki dari golongan ksatria yang lebih kecil dikirim ke Sekolah Cuicacali yang fokus menyiapkan mereka bagaikan prajurit. Disisi lain anak-anak wanita dikirim ke sekolah-sekolah dimana mereka dianjurkan kewajiban dalam negeri, semacam memasak serta menenun.

Dalam aspek seni serta berolahraga, walaupun bangsa Aztec dikira buas, tetapi sesungguhnya merk merupakan orang-orang yang amat berseni. Mereka sanggup membuat gerabah serta arca dan menghasilkan lukisan-lukisan yang berseni. Dalam aspek berolahraga bangsa Aztec mempunyai berolahraga regu yang amat terkenal yang dikenal Ullamaliztli. Game itu memakai bola karet serta dimainkan di alun-alun yang dikenal Tlachiti.

Mereka pula mempunyai keahlian yang besar pada aspek arsitektur monumental semacam kastel, kuil– kuil, dan jalur raya. Peradaban Aztek hadapi kebangkrutan kala Hernan Cortes (1485-1547) seseorang prajurit serta kolonialis Spanyol yang tiba ke Meksiko. Hernan amat terkesan dengan gedung-gedung yang dibentuk oleh bangsa Aztek semacam kastel, kuil, serta jalur raya yang teratur.

Peradaban Bangsa Maya (300-1500 M)

A. Posisi Geografis

Peradaban Bangsa Maya menempai area Mexico Tengah. Bangsa Maya populer bagaikan bangsa yang pintar sebab telah mempunyai sistem rezim yang tertib. Imperium Maya hadapi era kesuksesan pada 250-900 Meter dimana kewenangan dari imperium Maya menghampar dari utara ialah Semenanjung Yukatan di Meksiko sampai di Peten, Guatemala. Imperium Maya melingkupi banyak negeri merdeka antara lain Palenque, Copan, Tikal, Chichen, Itza, serta Uxmal.

B. Situasi Sosial-Politik

Bangsa Maya sanggup menyelenggarakan rezim yang bagus dengan memakai sistem imperium. Tiap kota dipandu oleh atasan sendiri– sendiri. Mereka mendirikan tempat penyembahan serta pula melaksanakan persembahan persembahan berbentuk orang dalam ritualnya. Tidak tidak sering orang yang dikuburkan itu dimakamkan didalam kuil yang pada biasanya berupa mendekati dengan limas di Mesir.

C. Kehidupan Budaya & Sistem Kepercayaan

Bangsa Maya amat meluhurkan terdapatnya dewa. Ritual dikira berarti. Mereka memuja Dewa Jaguar ataupun dewa kucing yang dikira bagaikan penguasa bumi roh serta ikon kegagahan dalam peperangan. Bangsa Maya pula memuja dewa lain antara lain Itzamma ataupun dewa catatan yang berbentuk antara orang serta nanai.

Bangsa Maya merupakan bangsa awal di daratan Amerika yang memakai graf hieroglif buat menulis. Mereka menulis pada novel yang dibuat dari kulit kusen dengan mengukir, pada gedung kober serta pada pilar-pilar bambu.

Ilmu Wawasan Serta Teknologi

Peradaban Bangsa Maya mempunyai wawasan dalam aspek astronomi. Mereka mempunyai sistem penanggalan tertentu ialah almanak tahunan dengan jumlah 365 hari per tahun dan penanggalan yang cuma berjumlah 260 hari satu tahun yang mereka maanfaatkan bagaikan almanak bersih. Diucap almanak bersih sebab diperuntukkan meramal semacam memastikan hari yang pas buat seremoni berarti semacam perkawinan serta kelahiran. Bila seseorang anak lahir pada hari yang dikira sial, hingga seremoni pemberian anak hendak ditunda ke hari yang dikira bagus. Cuma para pendeta yang mempunyai keahlian memakai almanak khianat itu.

Bangsa Maya mempunyai kemampuan dalam aspek kedokteran yang luar biasa. Praktek pengobatan bangsa Maya memakai metode pencampuran benak, badan, agama, ritual serta ilmu wawasan. Aplikasi pengobatan dicoba oleh orang yang mempunyai keahlian yang diucap shamans. Shamans merupakan seseorang pakar penyembuhan ataupun pula dapat diucap bagaikan cenayang yang jadi perantara antara bumi jelas serta bumi roh. Sebagian belukar yang dipakai bangsa Maya dalam melenyapkan rasa sakit antara lain: peyote, tembakau, sebagian tipe jamur serta tumbuhan-tumbuhan yang menciptakan dampak semacam alkohol yang disantap semacam era saat ini.

Orang– orang bangsa Maya mempunyai kerutinan berolahraga ialah main bola yang dicoba 3000 tahun yang kemudian saat sebelum kehadiran Columbus ke daratan Amerika. Alun-alun yang dipakai main bola pula digunakan buat aktivitas yang lain semacam pementasan music, serta ritual keimanan. Game bola diucap pitz serta aktornya diucap ti pitziil. Berolahraga ini memakai bola yang ukurannya serupa dengan bola voli saat ini yang berbahan karet tebal serta berat.

Peradaban Bangsa Inca (500-1532 M)

A. Posisi Serta Situasi Geografis

Imperium Inca terdapat di area Peru, persisnya di dekat Situ Titicaca dekat pegunungan Andes. Penggagas imperium Aztec merupakan Manco Membasahi yang dikira bagaikan putra dari dewa mentari. Semenjak tahun 1200 Meter, bangsa Inca berumah di area yang menghampar dari Quito di sisi utara sampai ke Cile di selatan. Bangsa Inca menaiki area yang besar. Perihal ini cocok dengan keyakinan mereka dimana terus menjadi besar tempat mereka bermukim hingga terus menjadi dekat dengan tempat para dewa.

B. Situasi Sosial-Politik

Peradaban Bangsa Inca mempraktikkan sistem federal dimana suatu imperium terdiri dari bunda kota yang terdiri dari 4 area, ataupun dapat diucap suyu yang terdiri dari Chinchaysuyu, Antisuyu, Kuntisuyu serta Qullasuyu. Keempat area ini terdapat satu titik yang mengubungkan yang terletak di tengah yang dikenal kota Cusco.

Seperti itu karena kenapa mereka mengatakan kekaisaran Inca bagaikan Tahuantinsuyu ataupun Land of The Four Quarters, yang berarti wilayah yang mencakup 4 area. Suyu diperkirakan tercipta dekat 1460 sepanjang rezim Pachacuti. Pada 1468 Meter, bangsa Inca meluaskan wilayahnya disekitar Cusco yang saat ini diketahui dengan julukan Peru, Bolivia, Argentina utara, Cile serta Ekuador.

Area Inca menghampar dari utara ke selatan, melampaui pegununagn Andes ialah dari Kolombia sampai ke Cile, sebaliknya dari timur ke barat ialah dari Atacuma ke hutan Amazon. Kesuksesan Inca hadapi kejatuhan kala diserbu oleh bangsa Spanyol pada tahun 1521 pada era pemerinthan Francisco Pizzaro. Terdaftar kaisar terakhir dari bangsa Inca merupakan Attahualpa.

C. Kehidupan Budaya & Sistem Keyakinan Serta Agama

Bangsa Inca diketahui bagaikan bangsa yang religius. Dibekas area kekasiran Inca banyak ditemui gedung-gedung penyembahan. Para pakar guna- guna mendiami jenjang paling atas sebab mereka dikira sanggup membagikan proteksi dari arwah-arwah kejam. Mereka memuja dewa dunia yang bernama Pachamama serta dewa mentari yang bernama Virachoca. Orang Inca yakin kalau raja-raja imperium Inca mempunyai ikatan genealogis dengan dewa mentari.

Ada ritual yang dikenal seremoni capacocha ialah seremoni membagikan persembahan anak-anak pada para badan dengan agama kalau anak-anak yang mereka kurbankan hendak masuk ke bumi para dewa serta bermukim bersama mereka. Aset gedung bangsa Inca membuktikan kalau bangsa Inca mempunyai keahlian dalam perihal membuat gedung yang besar serta akbar. Lingkungan gedung bangsa Inca yang populer merupakan Machu Picchu yang terdapat di pegunungan Peru.

Diamati dari aturan posisi serta arsitekturnya, Machu Picchu diperkirakan ialah kediaman bangsa Inca yang saat ini jadi salah satu aset serta peninggalan bumi. Diperkirakan bangsa Inca membuat Machu Picchu pada tahun 1430 serta berakhir sehabis 30 tahun setelah itu, tetapi kurang dari 100 tahun bangsa Inca meninggalkannya. Hipotesa para periset hal kenapa bangsa Inca mengungsi diakibatkan terdapatnya wabah cacar saat sebelum kehadiran kolonialis Spanyol.

Ilmu Wawasan Serta Teknologi

Dalam aktivitas pertanian, bangsa Inca sudah meningkatkan suatu makmal yang diucap Moray yang dimaksudkan buat meningkatkan jenis yang sesuai di tabur di area lapangan besar Andes. Mereka pula meningkatkan aspek pertanian dengan sistem terasering. Tidak hanya itu mereka pula meningkatkan perlengkapan meluku memakai perlengkapan yang dibuat dari perunggu.